Saturday, December 24, 2011

PC hardware Troubleshooting

Masalah :
1. PC restart/mati sendiri setelah beberapa lama dihidupkan atau pas anda bermain game yang cukup berat.
Analisis :
- Memory/RAM yang sudah rusak, solusinya coba anda bersihkan memory dgn kuas dan bersihkan platina di memory dengan kapas yang sudah dibasahi alkohol ( jangan terlalu basah secukupnya saja) lalu keringkan sebelum dipasang kembali. Jika tidak juga anda terpaksa harus mengganti memory dengan yang baru.



- Suhu yang tinggi di PC baik itu diprocessor maupun motherboard. Solusinya  :
   a. Bersihkan motherboard dengan kuas atau compressor (lebih disarankan agar tidak terjadi goresan2 pada   Mobo).
   b. Bersihkan heatsink dari kotoran dan abu yang melekat bisa dengan kuas ataupun compressor
    c. Ganti thermal paste di processor. Gunakan thermal paste IDL-280. Thermal paste ini sangat bagus dari thermal paste lainnya. Terlebih dahulu anda bersihkan sisa thermal paste yang lama sampai bersih baik itu diprocessor dan di heatsink, baru olesi thermal paste yang baru.

 - PSU ( Power Supply) sudah rusak, solusinya coba anda bersihkan PSU dengan compressor. jika masih tidak juga ganti dengan yang masih bagus/baru.

Masalah :
2. Ketika dihidupkan pertama kali lampu harddisk dicasing ( Lampu merah ) menyala terus tanpa berhenti dan tidak keluar tampilan dimonitor. Bunyi beep error pun tidak terdengar.
Analisis :
- System BIOS mengalami error.
Solusinya : Segera cabut kabel power , kabel monitor, memory dan baterai bios, kabel hardisk baik itu kabel datanya maupun kabel powernya dari PC biarkan selama 30 menit. Ganti memory dan baterai bios dengan yang masih bagus dari PC lain. Setelah 30 menit anda pasangkan lagi  kabel power , kabel monitor, memory dan baterai bios, baru anda coba hidupkan jika keluar tampilan dimonitor berarti PC anda terselamatkan, lakukan juga pembersihan dengan kuas atau compressor pada power supply karena biasanya masalah ini timbul karna power supply yang mengalami arus pendek.Jika masih tidak tampil juga dimonitor berarti anda harus mengganti motherboard anda dengan yang baru.

Masalah :
3. Keluar tampilan A Disk Read Error Occurred CTRL+ALT+DEL to Restart  
Biasanya ini terjadi pada hardisk SATA.
Analisis :
- Kabel Sata dan power sata yang sudah rusak. Solusinya anda cukup mengganti Kabel Sata dan power sata dengan yang baru.

Masalah :
4. Bunyi beep terdengar ketika komputer dihidupkan pertama kali.
Analisis :
- Memory atau  VGA dalam posisi yang tidak pas di slotnya. Solusinya: cabut memory atau VGA dan pasangkan kembali dengan pas pada slotnya.
- Salah satu Komponen Memory atau VGA yang sudah rusak. Terlebih dahulu anda cek komponen yang mana yang rusak dengan mengetes (satu- satu jangan berbarengan) memory atau vga tersebut dikomputer lain. Jika sudah anda temukan komponen yang rusak tsb, anda cukup menggantinya dengan yang masih bagus.

Masalah :
5. Keluar tampilan blue screen (BSOD (Blue Screen of Death)), ketika selesai loading windows maupun pas instalasi windows.
Analisis :
- Memory/RAM yang sudah rusak. Solusinya anda bersihkan memory tersebut. Jika masih BSOD ganti dengan yang masih bagus/baru.
- Kabel Sata atau Power Sata yang tidak bagus/rusak. Solusinya ganti dengan yang masih bagus/baru.

Masalah :
6. Keluar status Local Area Connection - Network Cable Unplugged  ketika bermain game di windows walaupun kabel lan masih terpasang dan lampu lan dalam keadaan hidup, dan biasanya ini dibarengi dengan restartnya PC. Biasanya ini terjadi pada motherboard yang memakai VGA onboard.
Analisis :
- Chipset vga pada motherboard sudah rusak. Solusinya : Pakai VGA offboard pada motherboard dan matikan memory share untuk vga onboard di BIOS. Biasanya cara ini hanya bertahan beberapa minggu saja setelah itu motherboard akan mati total.

No comments:

Post a Comment