Sunday, April 12, 2020

Solusi Mikhmon Online tidak bisa tersambung ke Mikrotik

Jika anda meletakkan Mikhmon webserver di hosting internet seperti 000webhostapp.com dan lainnya, tapi tidak bisa tersambung dengan mikrotik. Begini cara memperbaikinya :

1. Pastikan ip yang anda dapat adalah Ip publik bukan ip private ( contoh ip private telkom berawalan 10.x.x.x).

2. Pastikan juga modem anda sudah memforward port api ke port api mikrotik anda. Untuk melakukannya anda bisa menggunakan DMZ Function atau IPv4 Port Mapping yang berada dibagian Advanced - Forward Rules.

2. Jika ip publik anda dinamis bukan statik, anda bisa memakai penyedia ddns gratis seperti noip.com . Dan set dimodem supaya ip anda selalu update di penyedia ddns-nya. Untuk langkah-langkahnya anda bisa mengikuti tutorial disini http://learningbytutz.blogspot.com/2020/04/setting-ddns-on-huawei-hg8245h5.html.

3. Biasanya web hosting tidak membuka semua port dan hanya membuka port-port tertentu seperti 80 dan 21(ftp). Karna itu anda harus mengubah settingan port dimikhmon webserver dengan cara mengedit file "routeros_api.class.php" yang berada dalam folder "lib". Lalu cari baris kode berikut :

var $port      = 8728;  //  Port to connect to (default 8729 for ssl)
dan ubah menjadi :
var $port      = 21;  //  Port to connect to (default 8729 for ssl)


4. Jangan lupa mengganti port api dari 8728 ke 21 dimikrotik. Dan matikan service ftp dimikrotik.

5. Setelah semuanya sudah anda periksa dengan baik, cobalah untuk mengkoneksikan kembali Mikhmon webserver dengan mikrotik anda.

No comments:

Post a Comment