Wednesday, December 28, 2011

Tips Merawat dan Memperpanjang Hidup Baterai Notebook


Rekondisi Baterai
Jika Notebook anda menggunakan baterai NiCD atau NiMH (biasanya di notebook - notebook lama), pastikan baterenya selalu dalam kondisi kosong jika Anda ingin mencharge kembali. Jika ingin menggunakan notebook untuk waktu yang lama, dapat juga mencabut baterai dan menggunakan adapter langsung. Tetapi, baterai yang disimpan harus dalam kondisi kosong terlebih dahulu.

Bagi notebook baru saat ini, yang menggunakan baterai Li-Ion, kondisi di atas tidak berlaku. Artinya, Li-Ion dapat di cas ulang kapan pun walaupun dalam kondisi tidak kosong. Dan saran saya, Jika mencharge batere, harap di charge hingga 100% jangan setengah setengah. Dan baterai Li-Ion dapat di pasang selalu di notebook. Gunakanlah charger dengan baterai tetap terpasang jika Anda berencana menggunakan notebook untuk jangka waktu yang panjang dan performa tinggi. Jika baterai dalam kondisi 100% FULL charge, tidaklah diharuskan mencabut charger / adaptor, karena di system sudah terdeteksi langsung jika baterai penuh dan otomatis sumber daya akan dialihkan ke Adaptor. Jadi baterai Anda otomatis berhenti mengisi.

Bersihkan kuningan di Baterai
Sebulan sekali, bersihkan batangan tipis berwarna emas atau perak di batere dengan menggunakan alkohol untuk memastikan baterai Anda tersambung ke notebook melalui kontak yang bersih.

Hindari Panas dan UPS
Jangan mencharge Baterai Notebook Anda ketika menggunakan UPS (pada saat mati lampu). Dan hindari baterai dari panas, air, dan kelembaban.

Sekian tips tips yang saya kompilasikan untuk membantu Anda dalam menjaga baterai. Setiap baterai memiliki batas penggunaan yang di hitung berdasarkan Cycle (perputaran). “Cycle” dalam hal ini adalah jumlah charging ke 100%. 1 kali charging ke 100% terhitung 1 Cycle. Perkiraan cycle antara 500-1200 cycles, tergantung tipe baterai dan notebook masing masing. Setelah maximum cycle, kapasitas baterai otomatis akan menurun dan berkurang. Yang biasanya dapat bertahan 4 jam, bisa saja tinggal 2 jam atau 1 jam.

Source : www.maestrokomputer.com

No comments:

Post a Comment